Terjemahan Lembaga Alkitab Indonesia menuliskan,
“Hukum Taurat dan kitab para nabi berlaku
sampai kepada zaman Yohanes; dan sejak waktu itu Kerajaan Allah
diberitakan dan setiap orang menggagahinya berebut memasukinya”. Dalam naskah Yunani dituliskan, “ho nomos kai hoi prophetai mekri Ioannou apo
tote he basilea tou Theou euanggelizetai kai pas eis auten biazetai”. Dalam
Friberg Lexicon, kata mekri bermakna,
“ruang sejauh” (Rm 15:19), “menunjukan waktu sampai” (Kis 20:7), “tingkatan yang diperbandingkan” (2 Tim 2:9).
Lembaga
Alkitab Indonesia menambahkan kata
“berlaku”, padahal dalam naskah Yunani kata tersebut tidak ditemui. Restoration Scriptures (Your Arms to Yisrael Publishing, 2005) menerjemahkan
sbb: “The Torah and the Neviim were
concerning Yochanan: since that time the malchut of YHWH is proclaimed and
every man presses into it” (Torah dan Neviim tetap berlaku di zaman Yokhanan:
semenjak itu Malkut Yahweh diberitakan dan setiap orang berebut memasukinya)
|
Lukas 16:16 tidak
memberikan indikasi “batas waktu Torah”, melainkan tanda nubuat yang disebutkan
dalam TaNaKh (Torah, Neviim, Ketuvim) mengenai Mesias, akan dikenali dengan terlebih dahulu munculnya
seseorang yang akan mempersiapkan jalan bagi Mesias. Lukas menghubungkan
kehadiran Yohanes sebagai “pembuka jalan” dalam Maleakhi 3:1.
Kehadiran Yohanes Pembaptis merupakan “tanda awal pembuka”, zaman
Mesias yang dijanjikan. Karenanya Lukas melanjutkan, “sejak waktu itu Kerajaan Tuhan dan
setiap orang menggagahinya berebut memasukinya”.
|
Jika Torah telah habis
masa berlakunya, mengapa pada ayat 17 dikatakan, “Lebih mudah langit dan bumi lenyap daripada salah satu titik dari Hukum
Taurat batal?” Matius melaporkan kisah ini dengan kalimat terbalik, namun
lebih memberikan keterangan yang jelas. Dalam Matius 11:12-13 dikatakan, “Sejak tampilnya Yohanes Pembaptis hingga
sekarang (hingga Injil ini ditulis, red) Kerajaan
Sorga diserong dan orang yang menyerongnya mencoba menguasainya. Sebab semua
nabi dan kitab Taurat bernubuat hingga tampilnya Yohanes dan jika kamu mau
menerimanya, ialah Elia yang akan datang itu”.
Dengan melakukan analisis teks terhadap kata Yunani mekri pada Lukas 16:16 dan konteks kata Torah dan Kitab Para Nabi serta nama Yohanes Pembaptis pada Lukas 16:17 serta membandingkan dengan narasi yang sama pada Matius 11:12-13 maka Lukas 16:16 bukan berbicara perihal masa berlakunya Torah yang berhenti hingga zaman Yohanes Pembaptis melainkan penanda awal zaman Mesias yang dinubuatkan telah tiba.
No comments:
Post a Comment