Thursday, January 23, 2020

MELAKUKAN PEKERJAAN DENGAN GEMBIRA


Beberapa waktu lalu saat menaiki kendaraan berbasis aplikasi on line, terungkap sebuah percakapan mengenai ulag beberapa pengendara yang “nakal” dan melakukan “permainan” yang dapat menguntungkan mereka sendiri dengan “mengakali” sistem aplikasi. Misalkan seorang pengendara agar mendapatkan bonus dari perusahaan dikarenakan tingginya traffic pemesanan dapat menyiasati dengan mengatur melalui pemesanan yang dikirim melalui handphone atau beberapa handphone serta nomor handphone yang sudah dia siapkan sendiri. Dengan kata lain, pemesannya dia sendiri dan perespon pemesanan dia sendiri. 

Beberapa pengendara “nakal” ini untungnya dapat segera terendus oleh perusahaan sehingga tidak dapat dengan leluasa memanipulasi sistem yang merugikan perusahaan dan mencari keuntungan sendiri dengan melakukan pelanggaran. 
Sebenarnya sistem yang telah disediakan oleh perusahaan sama-sama menguntungkan baik pengedara maupun konsumen namun dikarenakan sifat tamak, malas dsj membuat seseorang harus mengakali sistem yang baik dan menguntungkan. 
Kitab Pengkotbah 3:22 mengatakan, “Aku melihat bahwa tidak ada yang lebih baik bagi manusia dari pada bergembira dalam pekerjaannya, sebab itu adalah bahagiannya.  Karena siapa akan memperlihatkan kepadanya apa yang akan terjadi sesudah dia?”. Ya, setiap pekerjaan yang kita jalani hari ini (guru, tentara, bankir, dokter, buruh, pedagang, petani, dll) seharusnya,  יִשְׂמַ֤ח  בְּֽמַעֲשָׂ֔יו (Pengktbh 3:22) - “yishmakh bemaasyaiw” (bergembira dalam pekerjaannya). Mengapa? Karena dari situlah kita memperoleh rezeki sebagaimana dikatakan, כִּי־ה֖וּא חֶלְק֑וֹ (Pengktbh 3:22)  - “ki hu khelko” (karena itulah bagiannya). 
Mereka yang kerap memanipulasi sistem, tidak memperlakukan konsumen dengan ramah, berkeluh kesah dengan pekerjaannya, bermuka masam menghadapi klien, bermalas-malasan dan mengerjakan dengan sesuka hati pekerjaannya adalah mereka yang tidak bisa menikmati dan bergembira dengan pekerjaannya. 
Kita boleh saja berganti pekerjaan untuk mendapatkan pengalaman dan peningkatan pendapatan. Namun semua dikerjakan dengan kegembiraan. Dengan mengerjakan segala sesuatu penuh kegembiraan tentu saja menjadikan pekerjaan yang kita jalani mendatangkan kebaikan bagi orang lain dan kitapun akan mengerjakannya dengan penuh dedikasi. 
Tanpa kegembiraan, pekerjaan yang kita jalani menjadi beban dan tidak menghasilkan kebaikan bagi orang lain. Sudahkah Anda bergembira dalam pekerjaan yang Anda tekuni saat ini?

No comments:

Post a Comment