Friday, March 27, 2020

BENARKAH ANAK DOMBA PASKAH DALAM KELUARAN 12 DIKURUNG 14 HARI?


Beredar sebuah tulisan berantai melalui media Whatshap yang menghubungkan himbauan pemerintah mengenai isolasi diri selama 14 hari untuk mencegah penyebarluasan dan pemutusan rantai Covid-19 dengan teks Keluaran 12 perihal Anak Domba Paskah yang harus disembelih pada hari keempat belas sebagaimana dikatakan:

"Kamu harus mengurungnya sampai hari yang keempat belas bulan ini; lalu seluruh jemaah Israel yang berkumpul, harus menyembelihnya pada waktu senja"

Beberapa orang bertanya dan meminta penjelasan terkait pengutipan ayat ini apakah benar-benar menunjuk pada proses pengisolasian anak domba Paskah selama 14 hari.

Demikian penjelasan saya. Frasa, "ad arbah 'asyar yom" (  עַד אַרְבָּעָה עָשָׂר יֹום  ) alias "sampai hari keempat belas" bukan bermakna anak domba Paskah yang akan disembelih pada tanggal 14 Nissan dikurung selama 14 hari. Jika seksama membaca keseluruhan perikop sebenarnya anak domba ini hanya dikurung selama 4 hari saja dimulai dari tanggal 10 Nisan sebagaimana dikatakan:

"Katakanlah kepada segenap jemaah Israel: Pada tanggal sepuluh bulan ini diambillah oleh masing-masing seekor anak domba, menurut kaum keluarga, seekor anak domba untuk tiap-tiap rumah tangga" (Kel 12:3)


Frasa, "be'ashar lakhodesh hazeh" ( בֶּעָשֹׂר לַחֹדֶשׁ הַזֶּה) adalah awal pengambilan dan pengurungan anak domba. Mengapa 4 hari? Beberapa rabi Yahudi menafsirkan bahwa orang Mesir kuno menyembah domba. Membawa seekor anak domba, simbol dewa Mesir, ke rumah mereka selama empat hari, dengan maksud untuk menyembelih dan memakannya, adalah tindakan yang pasti akan diperhatikan oleh orang Mesir. Sangat mungkin bahwa mereka akan marah dan dianggap tidak menghormati dewa mereka. Tindakan keberanian ini, membela keyakinan mereka dan mengikuti perintah Tuhan dalam menghadapi bahaya yang mungkin terjadi, merupakan prestasi bagi orang Yahudi, yang membuat mereka layak untuk ditebus.

Kesimpulannya, adalah tidak ada kaitan apapun antara proses karantina 14 hari dalam mencegah dan memutus rantai Covid-19 dengan pengurungan anak domba Paskah yang akan disembelih pada tanggal 14 Nisan. Anak domba yang akan disembelih pada tanggal 14 Nisan sebelum Tuhan YHWH menulahi Mesir bukan dikurung selama 14 hari melainkan 4 hari yaitu dimulai tanggal 10 Nisan.

Demikian penjelasan ini kiranya dapat meluruskan sejumlah anggapan yang tidak tepat karena mengabaikan keseluruhan konteks perikop Keluaran 12. Tetaplah menjaga kebersihan dan mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah serta berdoa senantiasa meminta perlindungan tangan Tuhan.


No comments:

Post a Comment