Sunday, July 29, 2018

OUT OF THE BOX


Segala bentuk masalah bisa terjadi di lingkungan pekerjaan. Namun tak semua masalah bisa diselesaikan dengan cepat. Kadang, Anda dituntut harus berpikir ekstra kreatif. Think out of the box! Stres adalah masalah kedua yang paling sering ditemui di tempat kerja selain sakit punggung.

Tumpukan problema yang menghadang kadang membuat seseorang kewalahan dalam menanganinya. Akibatnya stres pun tiba dan berujung pada kualitas dan produktivitas kerja yang merosot tajam. Bahkan juga bisa berimbas pada kesehatan individu tersebut. Hal ini terbukti dari sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa seperempat dari pekerja terpaksa absen selama dua minggu karena masalah kesehatan sebab stres. 

Di zaman yang serba cepat ini, seorang pekerja dituntut untuk selalu mampu menghadapi tantangan apapun yang menghadang dengan cara yang cerdas. Dengan kata lain, ia perlu berpikir out of the box untuk menuntaskan masalah. Istilah Think out of the box menjadi populer baik dalam konteks pendidikan, politik, ekonomi, bisnis dll.
Yesus Sang Mesias telah lebih dahulu memberikan teladan agar berfikir dan bertindak yang out of the box . Dalam tradisi Yahudi, mereka tidak bergaul dengan orang Samaria karena anggapan orang Yahudi orang Samaria dianggap sebagai orang bodoh, second class karena hasil perkawinan campur antara orang Asyur dan Israel.
Yesus memecah kebuntuan komunikasi itu dengan keluar dari kotak besi tradisi yang tidak berdasar dengan membangun komunikasi dengan perempuan Samaria melalui jembatan air minum dari sumur (Yoh 4:7) untuk memperkenalkan perempuan Samaria itu dengan air sejati yang tidak akan menjadikan manusia haus lagi yaitu Air Hidup yaitu Yesus Sang Mesias sendiri (Yoh 4:10).
Pertemuan dan percakapan itu bukan hanya menjadikan wanita tersebut mendapatkan pengetahuan baru mengenai Air Hidup melainkan bahwa Yesus adalah Mesias yang dinantikan sehingga dia bersaksi pada banyak orang yang dia temui.
Anda bisa membayangkan jika Yesus mempertahankan tradisi dan tidak melakukan tindakan out of the box maka perempuan Samaria tersebut tidak akan mengenal Mesias bukan?

No comments:

Post a Comment