Thursday, July 16, 2020

MENGUBAH KEBIASAAN

cronuspersonaltraining.com
Para ilmuwan mempelajari suku asli di Amerika Selatan yang warganya mati sebelum waktunya selama beberapa generasi. Setelah diselidiki secara menyeluruh, penyebab kematian dini ditemukan. Penyakit ini ditularkan oleh serangga yang hidup di dinding rumah mereka. Informasi baru ini menyajikan beberapa opsi. 


Pertama, mereka dapat pindah ke daerah lain di mana serangga seperti itu tidak ada. Kedua, merobohkan rumah mereka dan membangun kembali mereka. Ketiga, menggunakan insektisida untuk membersihkan rumah mereka dari serangga. Keempat, melanjutkan seperti yang mereka miliki dan mati lebih awal.
Anehnya, orang-orang ini memilih untuk tetap seperti mereka dan tidak melakukan apa pun tentang masalah mereka. Banyak orang berperilaku serupa. Untuk menyelamatkan diri, mereka tahu apa yang harus mereka lakukan namun mereka memilih untuk tetap tidak berubah. 
Mengubah kebiasaan memang tidak mudah. Apa yang terus menerus kita lakukan telah menjadi sebuah kebiasaan dan membentuk kesadaran dan perilaku. Dibutuhkan keberanian untuk berubah dan keluar dari lingkaran kebiasaan dan gaya hidup yang dibentuk sejak lama. 

Demikianpula dengan kehidupan yang berkubang dosa. Tanpa penyingkapan Firman Tuhan kita tidak mengerti mana yang benar dan mana yang tidak benar, mana yang kudus dan mana yang najis. 
Firman Tuhan menyingkapkan kepada kita pengetahuan dan menelanjangi kebodohan. Namun kita kerap mengabaikan persoalan ini dan lebih senang berkubang dalam kehidupan yang berdosa. 1 Petrus 2:2-3 berkata, “supaya waktu yang sisa jangan kamu pergunakan menurut keinginan  manusia, tetapi menurut kehendak Tuhan. Sebab telah cukup banyak waktu  kamu pergunakan untuk melakukan kehendak orang-orang yang tidak mengenal Tuhan. Kamu telah hidup dalam rupa-rupa hawa nafsu, keinginan, kemabukan, pesta pora, perjamuan minum dan penyembahan berhala yang terlarang”. 
Itulah sebabnya, sepanjang masih ada waktu yang disebut hari ini, biarlah kita menjadikan hati dan telinga kita terbuka pada kebenaran dan dibentuk oleh kebenaran. Seperti dikatakan Yakobus 4:17, “Jadi jika seorang tahu bagaimana ia harus berbuat baik, tetapi ia tidak melakukannya, ia berdosa”. 
Sebelum segala sesuatunya menjadi terlambat, maka dengarlah suara Tuhan yang berbicara dalam berbagai bentuk di setiap kehidupan yang kita jalani. Jika kita ditegur, maka berbesar hatilah dan berubahlah demi kebaikan diri kita dan masa depan kita

No comments:

Post a Comment