Thursday, April 25, 2019

RUBAH KECIL YANG MENGGANGU


Beberapa waktu lalu, smartphone saya mengalami masalah dalam pemindahan data. Baik data dari smartphone ke komputer ataupun pemindahan data dari komputer ke penyimpanan data di smartphone. 


Kabel data sudah terpasang namun tidak dapat terkoneksi sama sekali sehingga akses ke ruang data tidak dapat terbuka sama sekali. Saya sudah was-was karena tidak mudah mendapatkan kabel data baik untuk keperluan charger maupun pemindahan data, jika sewaktu-waktu mengalami kerusakkan. 

Ketika dibawa ke layanan perbaikan smartphone terdekat, problem mendasar akhirnya ditemukan. Apakah itu? Saya sama sekali tidak menduga jika persoalannya begitu sepele. Petugas hanya menyodorkan salah satu carinya dan memperlihatkan benda tipis kecil berwarna kelabu. 

Ya, butiran debu halus penyebabnya. Debu tersebut menyumbat lubang di bawah smartphone, tempat kabel data seharusnya di pasang. Itulah yang mengganjal dan menahan akses dan koneksi pemindahan data. Sebutir debu ternyata menjadi sebuah problem yang membuat data tidak dapat diakses dengan baik. 

Perhatikanlah hal-hal kecil yang kelihatannya sepele di sekitar kita namun dapat merusak banyak hal dalam kehidupan kita, baik itu pertemanan, relasi sosial, kerjasama, kepercayaan publik, keharmonisan keluarga. “Debu” itu bisa berwujud ketidakdisiplinan, sikap meremehkan orang lain, tutur kata yang tidak sopan, gesture tubuh yang memperlihatkan sikap tidak empati, sikap tidak terorganisir dll. 

Tidak mudah memang menemukan “debu” yang kerap menyumbat dan menutupi kelancaran komunikasi dan interaksi yang kemudian berpengaruh pada kualitas relasi kita dengan orang lain. “Debu” itu ibarat שועלים קטנים (su'alim qetanim) alias "rubah kecil” yang merusak kebun anggur sebagaimana dikatakan, “Tangkaplah bagi kami rubah-rubah  itu, rubah-rubah yang kecil, yang merusak kebun-kebun anggur,  kebun-kebun anggur kami yang sedang berbunga!” (Kid 2:15). 

Bukan hanya menghambat dan merusak relasi sosial kita, “debu” atau “rubah kecil” yang tidak segera dibereskan, dapat menutup akses berkat Tuhan dalam hidup kita sebagaimana dikatakan, “Sesungguhnya, tangan YHWH tidak kurang panjang untuk menyelamatkan, dan pendengaran-Nya tidak kurang tajam untuk mendengar, tetapi yang merupakan pemisah di  antara kamu dan Tuhanmu ialah segala kejahatanmu, dan yang membuat Dia menyembunyikan diri terhadap kamu, sehingga Ia tidak mendengar, ialah segala dosamu” (Yes 59:1-2).

Sudahkan Anda menemukan "debu" dan "rubah kecil" yang merusak relasi sosial, hubungan kerja, komunikasi dalam rumah tangga dll?

No comments:

Post a Comment