Thursday, December 1, 2016

EUREKA (AKU TELAH MENEMUKAN)

Eureka adalah kata seruan dalam bahasa Yunani yang digunakan untuk melambangkan penemuan suatu hal. Seruan ini terkenal karena digunakan oleh Archimedes (287-212 SM). Ia mengucapkan kata Eureka! ketika ia masuk kedalam bak mandi dan menyadari bahwa permukaan air naik, sehingga ia menemukan bahwa berat (dalam Newton) air yang tumpah sama dengan gaya yang diterima tubuhnya.  

Menurut kisah tersebut, sebuah mahkota untuk raja Hiero II telah dibuat dan raja memerintahkan Archimedes untuk memeriksa apakah mahkota tersebut benar-benar terbuat dari emas murni ataukah mengandung tambahan perak. Karena Raja Hiero II tidak mempercayai pembuat mahkota tersebut. Saat Archimedes berendam dalam bak mandinya, dia melihat bahwa air dalam bak mandinya tertumpah keluar sebanding dengan besar tubuhnya. Archimedes menyadari bahwa efek ini dapat digunakan untuk menghitung volume dan isi dari mahkota tersebut. 

Dengan membagi berat mahkota dengan volume air yang dipindahkan, kerapatan dan berat jenis dari mahkota bisa diperoleh. Berat Jenis mahkota akan lebih rendah daripada berat jenis emas murni apabila pembuat mahkota tersebut berlaku curang dan menambahkan perak ataupun logam dengan berat jenis yang lebih rendah. Karena terlalu gembira dengan penemuannya ini, Archimedes melompat keluar dari bak mandinya, lupa berpakaian terlebih dahulu, berlari keluar ke jalan dan berteriak Eureka yang artinya “Aku telah menemukan”. 

Beberapa ratus tahun kemudian di tahun awal Masehi sepasang saudara bernama Andreas dan Simon mengucapkan kata yang sama tentang Yesus. Kitab Perjanjian Baru dalam bahasa Yunani merekam perkataan Andreas kepada Simon yang tentunya diucapkan dalam bahasa Ibrani/Aramaik sbb: “Eurekamen ton Messian ho estin methermeneumenon Christos” (Kami telah menemukan Mesias (artinya: Kristus- Yoh 1:41)

Masyarakat Yahudi sejak zaman pembuangan telah menantikan kedatangan Mesias. Alangkah bahagianya Andreas dan Simon Petrus bisa menyaksikan apa yang dijanjikan berabad lamanya tepat di depan wajah mereka dan pernyataan ini mengubah kehidupan Andreas dan Simon. Sudahkah Anda mengalami Eureka terhadap Yesus dan ajaran-ajaran-Nya atau hanya sebatas mengetahui sepintas lalu ajaran-ajaran-Nya?

No comments:

Post a Comment