Thursday, December 1, 2016

MENGHADAPI DAN MENGATASI MASALAH



Stephen Covey, penulis buku motivasi terlaris New York Times The 7 Habits of Highly Effective People memperkenalkan tentang Hukum 90/10. Hukum tersebut mengatakan bahwa kita tidak bisa mengendalikan 10% yang terjadi pada kita, namun 90% sisanya terletak pada bagaimana kita bereaksi terhadap keadaan itu. Kita tidak bisa menghindari kereta atau pesawat yang tertunda keberangkatannya, kita tidak bisa mencegah hujan yang jatuh di kota kita saat awan telah mendung, kita tidak bisa menghindari dari sakit, tua dan kematian. Namun kita bisa mengubah nasib kehidupan kita di hari-hari yang akan datang dengan kita memberikan reaksi-reaksi yang benar. Dan reaksi yang benar tersebut adalah 90% terletak dan tergantung pada diri kita. 

Jika seorang pelayan menjatuhkan gelas membasahi pakaian kita, maka kita bisa memilih memberikan reaksi marah atau reaksi memaafkan. Jika kita mendengar kabar duka yang menyakitkan kita bisa memilih untuk panik dan kehilangan kendali atas diri kita atau memilih bereaksi secara wajar dan berusaha mengendalikan diri, jika kita mengalami tekanan ekonomi yang hebat maka kita bisa memilih untuk mengambil jalan pintas untuk mengatasi tekanan ekonomi yang kita alami atau memilih untuk bereaksi dengan berusaha mengendalikan diri dan mencari peluang untuk dapat keluar dari tekanan sehingga kita balik yang mengendalikan tekanan ekonomi tersebut. 

Mazmur 37:1-11 memberikan pedoman kepada kita agar kita merespon problem dengan proporsional. Problem dalam konteks Mazmur 37:1 adalah orang-orang yang dikategorikan “berbuat kejahatan” (mera’im) “berbuat kecurangan” (‘awlah). Kitab kerap mendengar dan berjumpa dengan mereka yang berbuat jahat dan curang dalam mendapatkan gelar akademik, mencapai kenaikan jabatan, mendapatkan proyek, memperoleh kelulusan studi, mendapatkan keuntungan bisnis. 

Marah dan iri adalah reaksi yang buruk yang akan menghasilkan keputusan yang buruk. Pemazmur mengajarkan: Jangan Marah (‘al titkhar) dan Jangan iri (al teqane), percayalah pada YHWH (betakh ba YHWH), lakukan yang baik (‘asheh tov), berlakulah setia ( re’eh emunah), bergembiralah karena YHWH ( hit’anag ‘al YHWH), berserah pada YHWH (gol ‘al YHWH), berdiam diri dan menantikan YHWH (dom la YHWH) – Mzm 37:1-8. Berikan respon dan reaksi yang benar agar kita dapat mengatasi problem dengan baik.

No comments:

Post a Comment