Wednesday, April 5, 2017

KEMANAKAH YESUS SAAT BERUSIA 12-30 TAHUN?


Pada kurun waktu 1800-an dan 1900-an beredar kisah dan buku mengenai Yesus pernah berada di India. Ada dua jalur penulisan yang beranggapan bahwa Yeshua pernah berada di India. Pertama, melalui karya Nicolas Notovich seorang jurnalis dan mata-mata yang banyak menuliskan buku. Dan salah satu bukunya yang menimbulkan kontroversi pada tahun 1887 dengan judul Life of Saint Issa, (Kehidupan Orang Kudus Isa) yang kemudian tahun 1894 diterjemahkan dalam bahasa Prancis dengan judul La vie inconnue de Jesus Christ (Unknown Life of Jesus Christ). Menurut pengakuannya, terjemahan dalam buku tersebut dia peroleh berdasarkan informasi dari sebuah manuskrip di Himis yang berada di Ladakh, Tibet kecil. Seorang Lama menunjukkan salinan teks dalam bahasa Pali yang mengisahkan bahwa Yeshua (dengan nama Isa) telah berada di Tibet pada usia 17 tahun.  

Kedua, melalui karya Mirzha Ghulam Ahmad, pendiri Ahmadiyah melalui buku yang dia terbitkan dengan judul, Jesus in India pada tahun 1908. Berbeda dengan laporan dan terjemahan Notovitch, maka Mirza Ghulam Ahmad justru menuding tulisan Notovitch adalah pemalsuan karena tidak ada bukti bahwa Yesus pernah berada di India pada usia 17 tahun. Sebaliknya, Ghulam Ahmad membuat teori baru dengan sejumlah referensi kuno untuk membuktikan bahwa Yesus pernah ke India saat dia terluput dari penyaliban dan mengungsi serta wafat tua di Kashmir pada usia 120 tahun. 

Kisah-kisah di Abad 19 tersebut mendahului kisah-kisah fiktif di Abad 21 yang dikenal dengan Da Vinci Code karya Dan Brown yang menuding bahwa Yesus menikah dengan Maria Magdalena dan juga film berjudul The Lost Tomb of Jesus karya Simcha Jacobovici yang mengatakan bahwa Yesus mati secara wajar dan tidak bangkit kembali dan makamnya di temukan di timur Yerusalem yaitu Talpiot.Terlepas apakah uraian kedua buku dan kisah kontroversial di atas adalah fiktif atau fakta, kisah-kisah di atas seolah-olah hendak mengisi kekosongan kisah perihal kurun waktu kehidupan Yesus pada usia 13-30 tahun. 

Kemanakah Yesus Pada Usia 13-30 Tahun? Kitab Perjanjian Baru hanya memberikan informasi singkat mengenai masa kecil dan latar belakang pekerjaan Yesus yang dimulai dari usia 12 tahun (Luk 2:42) dan memiliki kecerdasan luar biasa (Luk 2:46-47), progresifitas hikmat seiring usia-Nya (Luk 2:52) dan anak seorang tukang kayu bernama Yusuf (Mrk 6:3).

No comments:

Post a Comment