Monday, April 3, 2017

KESEHATAN ILAHI (DIVINE HEALTHY)




Istilah “kesembuhan ilahi” (divine healing) telah menjadi sebuah istilah yang melekat dengan sejumlah kegiatan yang menamakan dirinya “kebaktian kebangunan rohani”, sebuah bentuk keberagamaan kontemporer yang dipopulerkan oleh penginjil-penginjil televisi dari Amerika. 

Tanpa mengabaikan sejumlah keajaiban melalui kesembuhan yang dialami oleh banyak peserta ibadah yang mengalami berbagai penyakit kronis, namun berkaca dari kisah Daniel dan teman-temannya, Hananya, Misael, Azarya, selayaknya kita mengejar gaya hidup yang didasarkan “kesehatan Ilahi” (divine healthy). 


Gaya hidup sehat Daniel ditandai dengan menghindarkan diri dari makanan bangsawan yang lebih menekankan kelezatan tinimbang kesehatan (Dan 1:8) yaitu dengan makan sayur-sayuran (Dan 1:12). Hasilnya? Setelah sepuluh hari percobaan diadakan antara Daniel yang makan sayuran lebih sehat dan segar tinimbang mereka yang makan makanan raja (Dan 1:15) bahkan dikaruniakan kecerdasan (Dan 1:17). 

Sayur-sayuran termasuk dalam daftar makanan yang harus dikonsumsi setiap hari. Seperti halnya buah-buahan, sayuran juga menyuplai serat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memperlancar proses pencernaan. Akan tetapi, ternyata tidak hanya itu manfaat sayuran bagi kesehatan. Serat yang terdapat sayuran juga berfungsi untuk mengikat kolesterol jahat di dalam saluran pencernaan sehingga kolesterol tersebut tidak dapat diserap kembali oleh tubuh. 

Dr. Charles Klien, seorang ahli gizi dari New York menyebutkan bahwa manfaat sayuran dan buah, terutama yang dibuat menjadi jus, dapat menghilangkan lemak di dalam tubuh, menghilangkan kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Darimanakah sumber “kesehatan Ilahi” itu berasal? Torah Yahweh sebagaimana dikatakan, “Yahweh berfirman: Jika kamu sungguh-sungguh mendengarkan suara Yahweh Tuhanmu, dan melakukan apa yang benar di mata-Nya, dan memasang telingamu kepada perintah-perintah-Nya dan tetap mengikuti segala ketetapan-Nya, maka Aku tidak akan menimpakan kepadamu penyakit mana pun, yang telah Kutimpakan kepada orang Mesir; sebab Akulah Yahweh yang menyembuhkan engkau” (Kel 15:26). 

Kesehatan dan kesembuhan dapat diperoleh jika kita mematuhi sabda-Nya dalam Torah karena Torah bukan hanya mengatur bagaimana kita beribadah pada Tuhan melainkan menjalani kehidupan yang sehat sehingga kita mengalami “kesehatan Ilahi”.

No comments:

Post a Comment