Tuesday, January 23, 2018

PERTOBATAN SEBAGAI PRASYARAT BAPTISAN


Apakah baptisan bagi bayi diperkenankan? Mereka yang meyakini pemahaman tersebut melandaskan pada teks Kisah Rasul 2:39, “Sebab bagi kamulah janji itu dan bagi anak-anakmu dan bagi orang yang masih jauh, yaitu sebanyak yang akan dipanggil oleh YHWH Tuhan kita”.

Jika kita meneliti teks Kitab Perjanjian Baru maka tidak ditemukan data perihal pembaptisan bayi dan kanak-kanak dikarenakan selain latar belakang Yudaisme pembaptisan dihubungkan dengan ritual penyucian diri/pentahiran melalui air, tindakkan pembaptisan yang dilaporkan dalam Kitab Perjanjian Baru selalu mensyaratkan kesadaran dalam jiwa yang disebut dengan “pertobatan” sebagaimana dikatakan, “Jawab Petrus kepada mereka: "Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Sang Mesias untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus” (Kis 2:38). 

Demikian pula dikatakan, “Tetapi sekarang mereka percaya kepada Filipus yang memberitakan Injil tentang Kerajaan Tuhan dan tentang nama Yesus Sang Mesias, dan mereka memberi diri mereka 'dibaptis', baik laki-laki maupun perempuan” (Kis 8:12). Apakah bayi dan kanak-kanak sudah memiliki kesadaran untuk melakukan pertobatan dan masuk ke dalam air yang mengalir atau air yang ditampung dalam kolam atau baik? Tentu saja tidak. 

Oleh karenanya pembaptisan seharusnya ditujukkan bagi orang-orang yang sudah memiliki kesadaran untuk bertobat dan berkomitmen dalam mengikuti ajaran Yeshua Sang Mesias yang bisa dimulai dari batas usia akil balig yaitu 17 tahun ke atas. Dengan menelaah beberapa teks di atas maka Kisah Rasul 2:39 seharusnya dibaca dengan ayat sebelumnya yaitu Kisah Rasul 2:38 dimana prasyarat baptisan adalah percaya dan bertobat kepada Yesus Sang Mesias. 

Makna “janji” yang dihubungkan dengan kalimat “bagi anak-anakmu” bukan bermakna bayi dan kanak-kanak harus dibaptis melainkan saat sebuah keluarga menerima Yeshua sebagai Mesias dan orang tua mereka dibaptis maka seluruh keluarga telah menerima janji keselamatan dalam Yesus Sang Mesias

Kisah kepala penjara Filipi yang bertobat dan menerima Yesus sebagai Mesias dan memberi dirinya dibaptiskan bersama keluarganya tidak dilaporkan adanya bayi atau kanak-kanak. Kemungkinan anak yang sudah dewasa sebagaimana dikatakan, ...Seketika itu juga ia dan keluarganya memberi diri dibaptis” (Kis 16:33)

No comments:

Post a Comment