Tuesday, July 25, 2017

BERJAGA-JAGA DAN BEKERJA MENYONGSONG KEDATANGANNYA


Ir. Herlianto, MTh. Dalam bukunya Akhir Zaman Kapan Akan Terjadi? Menjelaskan sbb: “Sejarah telah mencatat bahwa sejak abad pertama sudah banyak perhitungan-perhitungan yang dilakukan umat untuk menentukan waktu akhir zaman dan kedatangan Yesus kedua kali, tetapi ramalan-ramalan mengenai akhir zaman itu memuncak dengan timbulnya ajaran-ajaran bidat yang mulai banyak bermunculan pada abad ke-19 sehingga dapat disimpulkan bahwa ‘salah satu ciri kegiatan bidat adalah kepastiannya dalam menghitung waktu akhir zaman’, padahal justru hal ini dilarang oleh Tuhan untuk dilakukn manusia!”(Yayasan Kalam Hidup, hal 23). 

William Miller seorang pendiri gereja Advent meramalkan bahwa akhir dunia akan terjadi pada tahun 1874. Charles Taze Russel pendiri Saksi Yehuwa meramalkan bahwa kedatangan Yesus kedua kali untuk menghakimi akan terjadi pada tahun 1914. Hadi Wiryono dalam sebuah artikel berjudul Saat Pengangkatan Sudah di Ambang Pintu meramalkan bahwa tahun 1992 adalah peristiwa pengangkatan Gereja Tuhan. 

Dalil yang dipergunakan adalah umur bumi sejak penciptaan adalah 4000 tahun dan bumi akan berakhir pada hari yang keenam atau tahun yang keenam ribu. Semua perhitungan dan kalkulasi telah dipublikasikan dan disebarluaskan oleh para tokoh keagamaan sejak zaman lampu sampai hari ini. 

Kita masih ingat kasus Sekte Pondok Nabi pimpinan Pdt Mangapin Sibuea yang menyatakan bahwa Tanggal 10 November 2003 Yeshua Sang Mesias akan datang untuk kedua kalinya. Ketika tanggal yang dimaksud berlalu tidak seperti yang diramalkan, maka Pdt. Mangapin Sibuea ditangkp dan 300 anak buahnya terlantar serta ditampung di Gereja Bethel Tabernakel Bandung.   

Sebelumnya kita pun dibingungkan dengan ramalan Bangsa Maya kuno di Meksiko yang menyatakan bahwa zaman akan berakhir di tahun 2012. Dan terakhir yang kita dengar hari ini adalah ramalan bahwa Tgl 21 Mei 2011 dan Tgl 21 Oktober 2011 sebagai angka-angka penting terkait penghakiman dan kiamat. 

Sikap yang benar dalam menyikapi guncangan sosial politik dan ekonomi serta peristiwa akhir zaman adalah bukanlah menghitung harinya dan menunggu melainkan berwaspada dan berjaga (Mat 24:42-44) serta bekerja sesuai tugasnya masing-masing sebagaimana disabdakan, “Berbahagialah hamba, yang didapati tuannya melakukan tugasnya itu, ketika tuannya itu datang” (Mat 24:46).

No comments:

Post a Comment