Sunday, July 23, 2017

TIADA TUHAN SELAIN YHWH DAN YESUS PUTRA-NYA



Dalam pemikiran seluruh penduduk Indonesia, khususnya komunitas Islam, Allah adalah nama (personal name) dari Tuhan Pencipta (Qs 20:14). Sementara istilah Tuhan  adalah salah satu gelar penghormatan yang menekankan sifat kekuasaan Allah (Qs 49:26). 

Islam membedakan antara istilah Ilah dengan Allah. Allah adalah nama dari Ilah yang disembah kaum Muslim. Gelar lain yang setara dengan Ilah adalah Rabb  yang diterjemahkan dengan Tuhan (Qs 19:36). 

Maka ketika pembaca Islam membaca teks 1 Korintus 8:6 menjadi binggung, karena bagi mereka, Allah adalah Tuhan yang berhak menerima penyembahan dari umat-Nya. Penyebutan Yesus secara langsung dengan sebutan “Tuhan” tentu saja menimbulkan sandungan. 

Jika kita membaca Peshitta Aramaik dan Kitab Perjanjian Baru Yunani untuk 1 Korintus 8:6, maka dibedakan antara frasa Aramaik, khad hu Elaha  yang dalam bahasa Yunani eis Theos dan frasa Aramaik wekhad Marya Yeshua yang dalam bahasa Yunani eis Kurious Iesous. Perhatikan istilah Aramaik Elaha dan Marya serta istilah Yunani  Theos dan Kurios

Sangat jelas bahwa sebutan Elaha atau Theos ditujukan pada Bapa yang Roh ada-Nya dan sebutan Marya atau Kurios  ditujukan kepada wujud manusia Yesus sebagai penjelmaan Firman. Sebutan Marya maupun Kurios, seharusnya diterjemahkan “Tuan”, sekalipun sebutan itu dapat ditujukan pada Pencipta maupun ciptaan. 

Kitab Suci Umat Perjanjian Tuhan (KSUPT, prototype KSILT) pernah melakukan kesalahan fata dengan menerjemahkan sbb: “Namun bagi kita hanya ada satu Tuhan saja, yaitu Bapa… dan satu Tuhan saja, yaitu Yesus Kristus,..”. Terjemahan ini menimbulkan kesan pemahaman politeis berupa penyembahan pada dua Tuhan bukan? Yang tepat adalah, “Namun bagi kita hanya ada satu Tuhan (Elaha/Theos/God)  saja, yaitu Bapa… dan satu Tuan/Junjungan (Marya/Kurios/Lord) saja, yaitu Yesus Sang Mesias,..”. 

Kredo (sahadat) ini tidak bertentangan dengan Ulangan 6:4-5 karena secara tersurat, TaNaKh telah menyebut Mesias yang dijanjikan adalah Anak-Nya (Mzm 2:7, Dan 7:13-14, Ams 30:4) dan tidak pula bertentangan yang Yesus ajarkan (Yoh 10:36, Yoh 14:1, 6, Yoh 17:3) bahkan rasul-rasul ajarkan (Yoh 5:45, 1 Tim 1:17, 1 Tim 2:5-6, Gal 3:20, Yud 1:25). 

Marilah kita menegakkan kredo (sahadat) bahwa Tiada Tuhan selain Yahweh Bapa Surgawi kita dan Yesus Sang Mesias adalah Putra-Nya Juruslamat kita!

No comments:

Post a Comment