Tuesday, July 25, 2017

RAPTURE (PENGANGKATAN)


Frasa, “Sebab pada waktu tanda diberi, yaitu pada waktu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Tuhan berbunyi, maka Junjungan Agung sendiri akan turun dari sorga dan mereka yang mati dalam Mesias akan lebih dahulu bangkit; sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Junjungan Agung di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Junjungan Agung” (1 Tes 4:16-17) kerap dihubungkan dengan istilah Rapture (pengangkatan) di dalam tafsir denominasi tertentu dalam kekristenan. 

Selain istilah Rapture adalah Millenium (kerajaan 100 tahun) dan Tribulation (kesusahan besar). Ketiga istilah tersebut masuk dalam kajian ilmu Teologi yaitu Eskatologi (pengetahuan perihal akhir zaman). Di kalangan Kristen terdapat multitafsir perihal kapan terjadinya Kerajaan 1000 Tahun (Millenium) sehingga terbagi menjadi tiga kelompok yaitu: Amillenial (tidak percaya adanya Kerajaan 100 Tahun secara literal melainkan simbolik), Postmillenial (Kerajaan 1000 Tahun sudah dan sedang terjadi sampai saat ini), Premillenial (Kerajaan 1000 Tahun baru akan terjadi setelah kedatangan Yesus kedua kali). 

Adapun kelompok Premillenial terbagi menjadi tiga posisi yaitu: Pre-Tribulation Rapture (pengangkatan terjadi sebelum Kesusahan Besar), Mid-Tribulation Rapture (pengangkatan terjadi di tengah-tengah Kesusahan Besar), Post-Tribulation Rapture (pengangkatan terjadi setelah Kesusahan Besar). 

Yang menjadi persoalan adalah istilah Rapture hanya tertulis 1 kali (1 Tes 4:16-17) dan tidak pernah disinggung dalam Kitab Wahyu yang berbicara secara spesifik perihal peristiwa Akhir Zaman. Persoalan lainnya adalah kesulitan menjelaskan secara masuk akal perihal tafsir bahwa nantinya orang-orang Kristen yang taat tiba-tiba akan lenyap dari kendaraannya, rumahnya, kantornya, sekolahnya dll karena diangkat ke udara. 

Bayangnya jika seorang Kristen mengendarai motor atau mobil tiba-tiba hilang, apa yang terjadi di jalan raya? Apakah Tuhan akan membiarkan terjadinya kekacauan masal dikarenakan peristiwa pengangkatan? Tribulation, Millenium, Rapture adalah peristiwa masa depan yang akan terjadi namun Kitab Suci tidak memberikan detail dan kronologi kapan dan bagaimana itu terjadi. 

Namun jika Rapture ditandai dengan peniupan sangkakala (1 Tes 4:16), maka bisa jadi ini adalah penanda akhir zaman dimana segala sesuatu di dunia kemudian lenyap serentak karena kemudian orang-orang mati dibangkitkan.

No comments:

Post a Comment